Candi Hindu Tercantik di Indonesia, Candi Prambanan

  • -

Candi Hindu Tercantik di Indonesia, Candi Prambanan

Category : Obyek Wisata

“Candi Prambanan, candi Hindu tercantik di kota teristimewa.”

Siapa yang tidak kenal Candi Prambanan? Candi yang juga dikenal dengan nama Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dipersembahkan untuk trimurti (3 dewa utama Hindu). Trimurti terdiri dari Brahma (Dewa Pencipta), Wishnu (Dewa Pemelihara), dan Siwa (Dewa Pemusnah) yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, ± 17 km timurlaut Yogyakarta.

candi hindu

sunset-di-candi- prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan terindah se-Asia Tenggara yang telah diakui UNESCO. Candi tersebut juga masuk kategori Situs Warisan Dunia. Legenda yang berkembang dalam masyarakat adalah proses pembuatan candi yang konon dilakukan oleh Raja Bandung Bondowoso dengan bantuan jin. Pembangunan 1000 candi dilakukan dalam waktu satu malam sebagai syarat pernikahan Raja Bandung Bondowoso dengan Sang Putri, Roro Jonggrang. Namun Raja tidak dapat menyelesaikan pembangunan sehingga candi yang ke seribu konon adalah Roro Jonggrang yang dikutuk menjadi arca. Namun menurut penelitian selama puluhan tahun, legenda tersebut hanya fiktif belaka karena sesungguhnya Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan untuk menyaingi candi Buddha yakni Candi Borobudur. Pembangunan Candi Prambanan dijadikan pertanda bahwasannya Dinasti Sanjaya telah berkuasa di Tanah Jawa.

“Tiket Masuk ke Candi Prambanan”

Untuk Harga Tiket Masuk (HTM) yang baru berlaku sejak Mei 2017 kemarin, tiket masuk kawasan Candi Prambanan mengalami kenaikan hingga 30%. Bagi wisatawan domestik, HTM naik menjadi Rp40.000,-/orang dari harga sebelumnya Rp30.000,-/orang untuk dewasa, sedangkan HTM bagi anak-anak menjadi Rp20.000,-/anak dari harga sebelumnya Rp12.500,-/anak. Bagi wisatawan mancanegara, terjadi perubahan dari harga sebelumnya 18 USD menjadi 25 USD/wisatawan. Kenaikan HTM tidak pernah terjadi selama hampir enam tahun, namun tahun ini perubahan HTM tidak dapat dihindari lantaran menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi. General Manager PT Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan, Pujo Suwarno, optimis kenaikan tarif masuk tersebut tidak akan berdampak signifikan pada jumlah kunjungan wisata ke Candi Prambanan dan candi lainnya (Candi Borobudur, Magelang dan Candi Ratu Boko, Sleman). http://jogja.tribunnews.com/2017/05/07/tiket-masuk-candi-prambanan-naik

Menarik untuk dikunjungi bukan? Untuk mempermudah perjalanan wisata anda, kami menyediakan jasa rental motor dan mobil, hubungi kami.